Penerapan Pemuaian dalam sehari-hari

Dampak Pemuaian Zat Padat
Dalam kehidupan sehari-hari beberapa dampak yang ditimbulkan oleh pemuaian seperti : pecahnya kaca jendela, kaca mobil, melengkungnya rel kereta api, besi pada jembatan, melengkungnya pipa-pipa minyak, dan sebagainya. Berikut ini diberikan penjelasan dampak pemuaian tersebut.
Pada hari yang sangat panas, kaca jendela rumah dapat pecah karena kaca memuai. Hal yang sama juga dapat terjadi pada kaca mobil yang berjemur pada siang hari yang panas. Jika ruang pada bingkai jendela tidak cukup untuk memuat pemuaian ini maka bingkai akan menahan pemuaian kaca. Akibatnya kaca dapat pecah. Untuk mengatasi masalah ini, maka ukuran bingkai kaca jendela didesain sedikit lebih besar dari pada ukuran kaca pada suhu normal.
Kasus lain yang berkaitan dengan pemuaian yaitu adanya rel kereta api yang melengkung akibat pemuaian. Hal ini dapat terjadi karena pertambahan panjang akibat pemuaian tidak sesuai dengan celah yang disediakan diantara sambungan dua batang rel. Untuk mengatasi dampak melengkungnya rel kereta api pada persambungan tersebut, maka batang-batang rel dilas untuk membentuk rel panjang yang bersambungan. Ujung rel diruncingkan dan disambung saling bertautan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: