Gaya-gaya Listrik pada Biologi Molekuler: Di dalam sel : Teori kinetic ditambah gaya elektrostatik

Gaya-gaya Listrik pada Biologi Molekuler:
Di dalam sel : Teori kinetic ditambah gaya elektrostatik
Studi mengenai struktur dan fungsi sel hidup pada tingkat molekuler disebut biologi molekuler. Bidang ini penting untuk penerapan fisika. Karena bagian dalam sel terutama terdiri dari air, kita dapat membayangkannya sebagai lautan molekul yang luas yang terus bergerak (seperti pada teori kinetic), yang saling bertumbukan dengan energy kinetic yang beragam besarnya. Molekul-molekul ini berinteraksi satu sama lain dengan berbagai cara-reaksi kimia (membentuk dan memutus ikatan antar atom) dan interaksi atau penggabungan yang lebih singkat yang terjadi karena adanya tarik-menarik elektrostatik antar molekul.
Banyaknya proses yang terjadi di dalam sel sekarang dianggap sebagai akibat dari gerak molekulyang acak (termal) ditambah efek penyusunan gaya elektrostatis. Kita sekarang menggunakan gagasan-gagasan ini untuk menganalisa beberapa proses seluler dasar yang melibatkan molekul makro (molekul besar. Gambaran yang kami berikan di sini belum pernah terlihat “saat terjadinya”. Gambaran ini merupakan model dari apa yang terjadi berdasarkan teori fisika yang pada saat ini diterima dan berbagai macam hasil eksperimen.
Informasi genetic yang diteruskan dari generasi ke generasi semua benda hidup terdapat dalam kromosom, yang terbuat dari gen-gen. Setiap gen berisi informasiyang diperlukan untuk menghasilkan jenis molekul protein tertentu. Informasi gentik yang ada pada gen dibentuk menjadi molekul inti pada kromoson, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid). Molekul DNA terdiri dari rangkian panjang molekul-molekul kecil yang dikenal sebagai basa nukleotid. Hanya ada empat jenis basa: adenine (A), cystosine (C), guanine (G), dan thymine (T).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: