Soal-soal Latihan

4. Sebuah bola konduktor (q=10 C) berjari-jari 10 cm ditempatkan di ruang hampa. Hitung kuat medan di titik yang berjaraknr1, r2,, dan r3 dari pusat konduktor jika (a) r1 =15 cm, b) r2 =10 cm, dan c) r3 = 5cm.

5. Dua muatan masing-masing sebesar 4μC berada pada sumbu x, satu terletak pada x=0 dan lainnya pada x=8m. Carilah medan listrik pada sumbu x pada (a) x = -2m (b) x = 2m, (c) x = 6m, (d) x = 10m. (e) Pada titik mana medan listriknya nol? Gambarkan kurva kuat medan listrik E terhadap x

6. Suatu muatan sebesar 4 μC terletak pada titik asal. Tentukan besar dan arah medan listrik pada titik yang terletak pada sumbu x pada (a) x = 6m (b) x = -10m. (c) Gambarkan kurva kuat medan listrik E terhadap x.

7. Sebuah bola konduktor bermuatan +10-6C mempunyai jari-jari 8 cm. Hitung potensial di titik yang berjarak r1 =10 cm, r2 =8 cm, dan r3 = 6 cm dari pusat konduktor.

8. Dua muatan titik berada pada sumbu x, q1 = -6μC pada x = 0, q2 = 2μC pada x=8m. Carilah potensial listrik pada sumbu x pada (a) x = -2m (b) x = 4m, (c) x = 10m. (d) Pada titik mana potensial listriknya nol? Gambarkan kurva potensial listrik V terhadap x.

9. Pada titik sudut suatu segitiga sama sisi ABC masing-masing terdapat muatan 3C, -7 C, dan 5C. Panjang sisi segitiga i2tu 8 cm. Hitunglah (a) potensial di titik E (tengah-tengah AB) dan titik F (tengah-tengah BC), (b) berapa usaha orang untuk memindahkan muatan 4C dari titik E ke F?

10. Tiga muatan titik berada pada pada sumbu x; q1 = -6μC pada x = -3m, q2 = 4μC pada x= 0 dan q3 = -6μC pada x = 3m. (a) Carilah gaya pada q1. (b) Hitung energi potensial yang tersimpan dalam sistem ini.

11. Sinar kosmik yang menimpa bumi dari luar angkasa terdiri dari proton-proton. Proton ini datang pada permukaan bumi dengan kelajuan intensitas 1500 proton/m2.s. Hitung berapa jumlah muatan yang berasal dari sinar kosmik tiap detik yang diterima oleh bumi? Jari-jari bumi R=6.400 km.

12. Suatu dipol listrik terdiri dari 1 muatan positif +q dan 1 muatan negatif –q yang terpisah pada jarak 2d. Hitung medan listrik pada titik P yang berjarak y dari pusat dipol, anggap y >> d.

13. Dua bola konduktor yang bermassa sama digantungkan dengan dua tali sejajar yang panjangnya l=20 cm. Kedua bola disinggungkan dengan konduktor yang berpotensial V1. Setelah dilepaskan dari konduktor, kedua bola akan saling tolak dan setelah kesetimbangan sudut yang dibuat oleh masing-masing tali terhadap garis vertikal adalah 200. Jika percobaan dilakukan dengan konduktor V2 ternyata sudut antara tali dengan garis vertikal 300. Hitung perbandingan V2/V1.

14. Suatu muatan sebesar 4 μC terletak pada titik asal. Tentukan besar dan arah medan listrik pada titik yang terletak pada sumbu x pada (a) x = 6m (b) x = -10m. (c) Gambarkan kurva kuat medan listrik E terhadap x.

15. Suatu muatan sebesar 4 μC terletak pada titik asal. Tentukan potensial listrik V pada titik yang terletak pada sumbu x pada (a) x = 6m (b) x = -10m. (c) Gambarkan kurva potensial listrik V terhadap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: